Jumat, 20 Mei 2011

CARA MEMANDIKAN BAYI

1.       Pilih tempat untuk menempatkan ember mandi bayi. Meja atau bak pencuci didapur atau kamar mandi, atau bak mandi rendam dewasa (meskipun ruang gerak dan ketinggiannya membuat mandi disini agak sulit). Pastikan bahwa posisi anda cukup nyaman dan banyak ruang untuk ember dan perlengkapannya. Pada dua kali mandi yang pertama, mungkin anda tidak akan menggunakan sabun karena membuat bayi licin.
2.     Siapkan semua perlengkapan berikut sebelum anda melepas pakaian bayi dan mengisi ember :
  • Ember, baskom, atau bak pencuci yang suda disikat bersih dan siap untuk diisi.
  • Dua lap pembasuh (cukup satu bila anda menggunakan tangan untuk memegang sabun).
  • Gumpalan kapas steril untuk membersihkan mata.
  • Handuk, lebih baik yang mempunyai bagian kerudung untuk kepala.
  • Popok dan pakain bersih.
  • Salep untuk gatal-gatal karena pengunaan popok, bila perlu.
  • Sebagai tambahan, pelindung baju anda dari bahan yang tahan air.
3.     Masukkan air hangat setinggi 5 cm kedalam ember bayi ; periksa kehangatannya dengan siku tangan anda. Jangan pernah masukkan air kedalam ember ketika bayi sedah berada didalamnya, sampai leher bayi cukup kuat, anda perlu memeganginya dengan satu tangan sementara tangan anda yang satu lagi membersihkan bagian punggungnya. Karena dapat terjadi perubahan suhu tubuh yang mendadak. Jangan masukkan sabun bayi atau sabun untuk mandi rendam kedalam air, karena dapat membuat kulit bayi menjadi kering.
4.     Buka seluruh baju bayi.
5.     Secara bertahap masukkan bayi kedalam ember, berbicaralah dengan nada yang menenangkan dan menguatkan agar takutnya berkurang, dan pegangi dengan lembut tetapi kuat untuk mencegah terjadinya refleksi terkejut. Sampai leher cukup kuat, beri dudukan pada bagian leher dan kepala dengan satu tangan, kecuali jika ember bayinya sudah memiliki sarana pendukung, atau jika bayi lebih memilih dukungan tangan anda daripada dukungan dari ember. Peganglah bayi dengan kuat pada posisi setengah melingkar (terlepasnya bayi dari pegangan dapat menimbulkan rasa takut yang buruk).
6.     Dengan tangan yang masih bebas bersihkan bayi, mulai dari bagian yang terbersih kebagian yang terkotor. Pertama-tama gunakan kapas steril yang dibasahi air hangat untuk membersihkan mata, basuh dari arah hidung kearah luar. Gunakan kapas bersih untuk setiap mata. Kemudian bersihkan wajah, bagian luar telinga, dan leher. Meskipun sabun tidak diperlukan disemua bagian setiap hari (kecuali jika bayi anda kotor terus), gunakan setiap hari pada tangan dan area popok. Gunakan sabun 2 hari sekali pada lengan, leher, tungkai kaki dan perut, sejauh kulit bayi tidak tampak mengering- jika mengering gunakan sabun lebih jarang. Pakai sabun dengan tangan atau lap pembasuh. Setelah anda membersikan tubuh bagian depan, putarlah tubuhnya dilengan anda, kemudian bersihkan bagian punggung dan bokong.
7.     Basuh seluruh tubuhnya dengan lap pembasuh yang bersih.
8.     Satu atau dua kali seminggu cucilah kepala bayi dengan menggunakan sabun atau shampo bayi. Basuh dengan bersih dan keringkan dengan handuk. Menggendong bayi dipundak adalah posisi sendawa yang efisien bagi banyak bayi, tetapi jangan lupa untuk melindungi baju anda.




Arlene Eisenberg
Heidi E. Murkoff
Sandee E. Hathaway, B.S.N. “Apa Yang Anda Hadapi Bulan Per Bulan”







Tidak ada komentar:

Posting Komentar